Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO TIPS

Yuk! Sulap Dapur Mungil Anda Menjadi Lebih Luas, Muat Banyak, dan Tetap Stylish!

Anda tak memiliki cukup ruang untuk area dapur? Tenang saja hal tersebut kini tak menjadi masalah, Anda hanya perlu melakukan penataan yang tepat dan menggunakan barang-barang yang multifungsi. Dengan begitu, dapur Anda akan terlihat lebih luas dan aktivitas masak-memasak jadi lebih menyenangkan.

Namun, banyak dari kita yang belum mengetahui apa saja tips yang tepat untuk menata dapur dengan keterbatasan ruang. Yuk! Simak ulasan tips dari Podomoro Park dan sulap dapur mungil Anda menjadi lebih fungsional, namun tetap stylish.

1. Memaksimalkan Ruang Penyimpanan pada Dapur

Sumber : Google Photo

Tips paling utama yang perlu diperhatikan adalah dengan memaksimalkan ruang penyimpanan di dapur. Untuk parabot dapur yang jarang Anda gunakan setiap hari, ada baiknya untuk disimpan pada penyimpanan alternatif. Misalnya, cadangan piring atau gelas yang hanya Anda gunakan saat ada tamu dapat Anda masukan pada lemari. Selain itu, Anda bisa membuat partisi di dalam laci kitchen set agar terlihat luas dan bersih.

2. Membuat Rak pada Dinding Dapur

Sumber : Google Photo

Jika sudah kehabisan tempat untuk menyimpan barang dan tak ingin menambah lemari, Anda bisa memasang rak bersusun pada dinding. Jenis rak ini tak banyak memakan tempat dan akan memudahkan Anda mengambil bumbu atau peralatan memasak.

3. Pilih Perabotan yang Multifungsi dan tak Makan Tempat

Sumber : Google Photo

Memilih furnitur multifungsi juga bisa menjadi solusi untuk masalah keterbatasan ruang. Misalnya, menggunakan lemari panjang yang sudah menyediakan tempat untuk oven, kompor, sekaligus wastafel. Atau, memasang rak anti karat persis di atas wastafel untuk memudahkan menaruh dan mengeringkan alat makan yang baru dicuci.

Dengan menggunakan furnitur multifungsi dapat menghadirkan ruangan yang rapi dan compact tanpa meninggalkan fungsi penting yang ada di dapur.

4. Memilih Warna yang Tepat pada Dapur

Desain Interior Hunian Flower Garden House (Dok. Podomoro Park Bandung)

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa warna putih selain memberikan kesan terang juga memberikan kesan luas pada ruang yang minimalis. Warna putih juga memberikan kesan rapi dan bersih pada ruangan. Kemudian, apabila Anda takut salah pilih warna bagi ruangan dapur Anda, maka warna putih sangat aman untuk dijadikan pilihan. 

5. Pasang Meja Serbaguna

Sumber : Google Photo

Selanjutnya, Anda bisa memasang meja multifungsi yang cocok untuk menyiapkan bahan makanan, menyimpan barang, sekaligus tempat untuk makan bersama. Dengan cara seperti ini Anda memiliki area penyimpanan tambahan sekaligus menghemat pemakaian ruang.

6. Buat Dapur Minimalis Menjadi Terang

Sumber : Google Photo

Sebisa mungkin manfaatkan cahaya matahari alami dengan menempatkan jendela pada dapur. Dapur yang terang akan menambahkan kesan luas sekaligus melancarkan sirkulasi udara agar ruangan tidak berbau dan lembab.

Bagaimana, Popark People? Tertarik menyulap dapur mungil Anda menjadi lebih luas? Yuk praktikkan tips-tips di atas. Selamat mencoba!