Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO TIPS

Tips Sederhana Membuat Masker Kain

Penyebaran virus covid-19 kini masih terus mengkhawatirkan, pemerintah pun berupaya keras untuk menekan pandemi agar tidak semakin parah. Salah satu langkah pemerintah untuk menanggulangi penyebaran adalah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker kain, masker ternyata dinilai ampuh untuk mencegah penularan melalui transmisi percikan yang muncul dari bersin atau batuk.

Nah, bagi Anda yang kesulitan mencari masker, berikut ini adalah tips membuat masker kain dengan bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan.   

Bahan Membuat Masker Kain 

  • Gunting 
  • Jarum atau bisa menggunakan mesin jahit 
  • Benang 
  • Karton untuk membuat pola 
  • Penjepit atau peniti guna untuk membuat kain tidak bergeser saat digunting ataupun dijahit
  • Kain katun, scarf atau kain yang dapat menyerap cairan dengan cepat 
  • Tali sepatu untuk pengikat  

Cara Membuat Masker Kain 

Siapkan Kain

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan kain, sebaiknya gunakan kain yang dapat menyerap cairan, hal ini sangat penting agar masker yang Anda gunakan nanti bisa dengan cepat menyerap air dari batuk ataupun bersin. Bahan kain dapat digunakan adalah katun ataupun spandek. 

Buat Pola    

Langkah selanjutnya adalah buatlah pola dengan menggunakan karton, pola yang dibuat membentuk persegi panjang. Ukurlah panjang sesuai dengan ukuran wajah, pola harus sesuai dengan ukuran wajah, masker harus menutup hidung, mulut hingga dagu. Biasanya ukuran masker adalah 12x6 cm atau 11x5cm. 

Potong Kain Sesuai Pola 

Setelah membuat pola, taruhlah pola di atas kain, kemudian potong kain mengikuti pola, agar tidak bergeser, Anda bisa menjepit pola dengan menggunakan penjepit atau peniti, berhati-hatilah saat menggunting kain agar kain bisa tergunting dengan baik.      

Pasang Tali

Setelah memotong kain, Anda bisa langsung memasangkan tali dengan cara melipat sedikit bagian kiri dan kanan kain ke bagian dalam sehingga membentuk lubang. Masukan tali ke dalam lubang tersebut kemudian jahit agar rapi.

Jahit Agar Rapi

Langkah terakhir, setelah memasang tali, Anda bisa menjahit bagian atas dan bawah masker agar terlihat lebih rapi. Untuk menjahit Anda bisa lakukan dengan menggunakan mesin jahit ataupun manual menggunakan jarum dan benang.    


Yuk, tetap perhatikan social distancing dan pastikan pakai masker saat  keluar rumah, ya! Selain itu, atur pola hidup Anda karena daya tahan tubuh yang kuat adalah salah satu benteng terbaik untuk menghadapi pandemi COVID-19.