Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

Tips Beli Rumah untuk Milenial

Seiring dengan maraknya penawaran promo menarik dari para pengembang properti, minat pembelian rumah di Indonesia terbilang cukup tinggi dan tidak serta merta hanya bagi kalangan usia tertentu saja. 

Berdasarkan data kunjungan situs properti Lamudi.co.id, para kaum muda-mudi atau yang kerap disebut milenial menunjukkan ketertarikannya untuk untuk membeli properti. 

Namun, rasa gugup kerap menyergap kala hendak membeli rumah untuk pertama kali. Bagaimana tidak? Mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit nominalnya tentu membutuhkan berbagai persiapan matang dan strategi agar menjadi hunian yang nyaman untuk ditempati serta memiliki value tinggi. 

Bila Anda merupakan salah satu dari milenial yang ingin membeli rumah, berikut beberapa tips yang menarik untuk dicari tahu lebih dalam. 

Lakukan Perencanaan Keuangan

Menabung termasuk dalam salah satu bentuk perencanaan keuangan. Bila Anda sudah menemukan rumah impian yang didambakan, maka langkah berikutnya adalah menyisihkan pendapatan. Sebaiknya, sisihkan 10% - 20% dari penghasilan, atau Anda dapat melakukan investasi yang rendah resiko seperti logam mulia, reksa dana dan emas. 

Pilih Rumah dengan Biaya DP Ringan Atau Dapat Dicicil

DP (Down Payment) atau uang muka merupakan sebuah langkah awal dari pembelian properti, tidak terkecuali rumah. Membayar DP dapat membantu Anda bisa melunasi pembayaran dengan lebih cepat. Jumlah uang muka pembelian rumah yang tidak terlampau besar atau dapat dicicil merupakan salah satu tips yang cocok bagi milenial. Carilah pengembang yang melakukan promo rumah DP ringan atau bisa dicicil. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dengan jumlah besar dalam satu waktu. 

Buat Rekening Khusus untuk Menabung Biaya DP Rumah

Inilah tips beli rumah untuk milenial yang tidak kalah penting, yaitu pembuatan rekening khusus. Tujuannya agar pengeluaran dan pemasukan uang tidak bercampur dengan berbagai keperluan lain. Terlebih, bila Anda menabung bersama pasangan, rekening baru ini dapat menjadi ‘wadah’ untuk alokasi uang tabungan bersama. 

Pilih Tenor KPR Jangka Panjang

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah, jangan bingung bila menemui istilah tenor. Jangka waktu atau lamanya angsuran kredit rumah yang diajukan ialah yang disebut dengan tenor. Bisa dalam hitungan tahun saja bahkan hingga 10 atau 20 tahun. Untuk menentukan lamanya tenor KPR. Bank memiliki beberapa pertimbangan seperti misalnya jumlah pemasukan nasabah setiap bulan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memilih bunga KPR yang rendah, hal ini sangat penting agar cicilan Anda ringan, sebagai contoh KPR BRI yang menawarkan bunga 7,25%.       

Berbicara mengenai rumah untuk milenial, tidak ada salahnya bila Anda melirik unit rumah Arsana di Podomoro Park Bandung. Tipe terbaru dari klaster Padmagriya tersebut memiliki banyak keunggulan.    

Tipe Arsana dibangun dengan konsep ‘Gaya Hidup Minimalis’, dimana di setiap unit rumahnya didesain dengan gaya modern kontemporer yang memadukan warna monokrom serta langit-langit tinggi. Fasad rumah tipe ini juga terlihat elegan dan modern dengan unsur minimalis yang melekat kuat di Podomoro Park.

Masing-masing unit rumah di Arsana di Podomoro Park memiliki luas bangunan 58 m2 dengan 1 kamar mandi, dapur, ruang keluarga, ruang makan, 3 kamar tidur lengkap dengan ruang terbuka/teras nan menambah kesejukan di area belakang. Pemanfaatan fungsi masing-masing ruangan di rumah ini sangat tinggi, misalnya kamar tidur tidak hanya dialokasikan untuk tidur saja, tetapi juga untuk berbagai aktivitas, terutama dalam menyalurkan hobi atau berkumpul bersama teman dan saudara. Tak heran jika rumah di Arsana disebut Functional Home

Akses menuju perumahan ini juga terbilang cukup baik,  hal tersebut disebabkan Podomoro Park Bandung terintegrasi langsung dengan Light Rail Transit (LRT), keberadaan moda transportasi umum ini tentunya dapat mendukung para milenial yang dikenal memiliki mobilitas tinggi. 

Podomoro Park sendiri merupakan sebuah proyek kota mandiri yang dibangun di atas lahan seluas 130 hektar. Dari total lahan pengembangan tersebut, lima puluh persen nya digunakan sebagai ruang terbuka hijau sehingga semua penghuni bisa menikmati suasana sejuk dan teduh. Fasilitas olahraga di kawasan perumahan Buah Batu Bandung ini pun cukup lengkap, seperti adanya  kolam renang, jogging track dengan pemandangan danau, bike lanefitness center dan club house

Dibangun oleh pengembang ternama Agung Podomoro, lokasi proyek ini sangat strategis, karena berjarak hanya 2 km dari tol Buah Batu serta dekat dengan Gedung Sate dan Alun-Alun kota Bandung. Harga Podomoro Park Bandung terjangkau, mulai dari Rp 900 juta sehingga cocok dipilih sebagai rumah pertama milenial. 

Whatsapp icon Mail Icon