Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO TIPS

Tips Aman Saat Bertamu dan Menerima Tamu di Era New Normal

Keputusan pemerintah untuk menjalankan fase new normal atau masa kenormalan baru, disambut hangat oleh banyak pihak, terutama bagi masyarakat yang sudah tidak sabar untuk berkunjung ke rumah sanak saudara.

Hadirnya masa transisi ini membuat orang kini sudah diperbolehkan untuk keluar rumah, baik untuk bekerja, ke pusat perbelanjaan ataupun bertamu, tentunya dengan berbagai protokol kesehatan yang ada.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk bertamu ke rumah teman ataupun saudara, berikut ini adalah beberapa tips bertamu dan menerima tamu di era new normal.

Saat Menerima Tamu :

Menggunakan masker

Keberadaan masker kini menjadi alat pelindung diri yang wajib digunakan, termasuk saat menerima tamu, keberadaan masker dipercaya dapat membantu mengurangi penyebaran virus melalui percikan air dari saluran pernapasan (droplet). Untuk itu, sebaiknya saat menerima tamu Anda menggunakan masker.

Menyiapkan hand sanitizer

Pemilik rumah disarankan untuk menyediakan hand sanitizer, alat ini dipercaya dapat. membunuh bakteri dan virus. Untuk itu tempatkan lah hand sanitizer di ruang tamu agar tamu yang datang bisa langsung menggunakannya.

Menyemprotkan cairan desinfektan

Jangan lupa untuk membersihkan rumah ketika tamu pulang, bersihkan dengan seksama area dimana tamu tadi berada. Agar lebih steril, Anda juga bisa menyemprotkan cairan desinfektan pada meja ataupun kursi di ruang tamu.

Saat Bertamu :

Menggunakan masker

Tamu juga wajib untuk menggunakan masker, gunakan masker sesuai standar World Health Organization (WHO) untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Saat ini standar masker yang dikeluarkan oleh WHO terdiri dari 3 lapis kain dengan bahan polypropylene, katun polyester, cellulose (tisu), cellulose (paper towel), silk (napkin), nylon.

Jangan bersentuhan langsung dengan pemilik rumah

Saat bertamu, disarankan Anda bisa menjaga jarak dengan tuan rumah, memang terlihat agak canggung tapi hal ini harus dilakukan demi kesehatan bersama. Sebaiknya Anda juga tidak melakukan aktivitas cium tangan, berpelukan ataupun cium pipi.

Cuci tangan

Ketika bertamu, Anda disarankan untuk mencuci tangan, hal ini disebabkan karena virus corona sangat mudah hancur terkena sabun atau detergen. Basuhlah tangan dengan sabun secara seksama minimal 20 detik.

Hindari berbagi makanan dalam satu piring

Banyak orang yang menggunakan waktu berkunjung untuk menghadiri acara makan-makan. Dalam keadaan seperti ini sangat disarankan untuk tidak berbagi makanan pada satu piring yang sama dengan orang lain. Hal tersebut perlu dihindari karena percikan air liur dari masing-masing orang beresiko untuk meningkatkan penularan penyakit.

Mandi setelah pulang ke rumah

Setelah pulang ke rumah dianjurkan untuk segera mandi atau membersihkan diri, hal ini sangat penting untuk membunuh kuman ataupun virus yang bisa saja menempel pada tubuh ketika melakukan perjalanan. Saat sampai di rumah, jangan lupa untuk segera mencuci pakaian yang telah digunakan.