Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

Podomoro Park Miliki Kids Pool Lho! Ini Sederet Manfaat Berenang bagi Anak

BERENANG adalah salah satu aktivitas fisik yang digemari sebagai olahraga ataupun rekreasi, terutama bagi anak-anak. Oleh karena itu, Anda perlu mengajarkan anak-anak berenang sejak dini.

Tak hanya menyenangkan, berenang juga memberikan banyak manfaat dalam tumbuh kembang anak. Untuk itu, Podomoro Park Bandung menghadirkan fasilitas kids pool di clubhouse-clubhouse mewah yang terkoneksi dengan setiap klaster.

Berenang di wahana renang di Podomoro Park akan memberikan segudang manfaat bagi anak-anak meliputi perkembangan mental dan fisik, peningkatan keterampilan sosial dan kepercayaan diri serta keterampilan keselamatan.

Secara spesifik, berikut manfaat berenang bagi anak-anak:

1. Berenang Mengajarkan Keterampilan Keselamatan

Manfaat berenang bagi anak-anak termasuk salah satu keterampilan keselamatan hidup yang harus dipelajari setiap anak. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, di Amerika sekitar seperlima dari setiap orang yang kehilangan nyawa karena tenggelam berusia di bawah 14 tahun. Untuk itu, betapa pentingnya meningkatkan keamanan anak-anak di air dengan mengajari mereka cara berenang. Namun, Anda selalu perlu mengawasi anak-anak Anda di dalam air meskipun mereka bisa berenang.

2. Bermanfaat untuk Kesehatan

Berenang adalah aktivitas kardiovaskula yang menyebabkan kondisi paru-paru dan jantung anak meningkat secara signifikan. Semua gerakan aktif dalam berenang membantu anak-anak mengembangkan kekuatan dan ketahanan. Selain itu, berenang meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh. Anak-anak yang berenang secara teratur dapat menghindari masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas pada masa kanak-kanak.

3. Meningkatkan Mental dan Kepercayaan Diri

Berenang juga baik untuk kesehatan mental anak. Berada di dalam air membuat anak merasa rileks, meningkatkan mood, bebas berekspresi, dan menjauhkan mereka dari depresi. Anak-anak juga akan belajar bersosialisasi, bertemu teman baru, serta toleran terhadap orang lain dengan berbagi ruang berenang.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif dan Keseimbangan

Berenang membantu perkembangan saraf otak di bagian corpus yang memicu fungsi kognitif atau kemampuan berpikir, seperti berbahasa, akademik, hingga kesadaran spasial. Dengan bermain di air, anak-anak belajar menjaga keseimbangan dengan menggerakkan tangan dan kaki agar seirama.

5. Bangun Kedekatan Anak dan Orangtua

Berenang juga menjadi momen untuk membangun kedekatan antara anak dan orangtua. Anda bisa meluangkan waktu di sela-sela kesibukan atau menghabiskan waktu di akhir pekan dengan berenang bersama anak-anak. Anda bisa menemani anak-anak berenang di infinity pool yang menghadap danau, exclusive swimming yang berdampingan dengan collective garden, atau membiarkan mereka bebas berenang dengan aman di kids pool.

Awasi Anak-anak Saat Berenang

Meskipun berenang banyak memberikan manfaat untuk anak-anak, orangtua harus tetap mengawasi mereka karena keamanan tetap nomor satu. Anak bisa tenggelam walaupun mereka sudah pandai berenang.

Tips menjaga keamanan anak saat berenang:

1. Jangan jauh dari anak dan lengah. Awasi pergerakan anak-anak agar orangtua bisa segera membantu mereka ketika mereka kesulitan.

2. Ingatkan anak agar mematuhi peraturan keamanan di kolam renang, seperti jangan berlari atau mendorong teman.

3. Orangtua harus mengenali tanda-tanda anak tenggelam, seperti kesulitan bernapas atau kepala anak agak lama di dalam air.

Belajar berenang juga membuka pintu untuk berbagai aktivitas lainnya. Beberapa olahraga yang hanya dapat dilakukan anak Anda jika mereka bisa berenang, seperti kayak, berkano, selam scuba, berselancar, triathlon, dan lain-lain. Jika anak Anda terampil berenang, Anda akan tenang ketika mengajak mereka menaiki kano atau gondola menyusuri danau megah sepanjang 1 km di pusat kawasan Podomoro Park. Sambil mendayung, Anda dan anak akan menghirup udara segar dan menikmati epiknya pemandangan pegunungan Bandung Selatan.*