Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO TIPS

Ngabuburit Asyik dan Seru Ala Warga Bandung

“Terpesona, aku terpesona ….” Ya! Sekilas lirik lagu yang sempat viral di dunia sosial media tadi memang tepat untuk mengungkapkan perasaan akan kota yang satu ini. Pemandangan alamnya yang begitu indah menawan diselubungi hawanya yang sejuk, rindang pepohonan hijau, merdunya kicau burung-burung ditambah gemericik air mengalir, tentu suasana adem ini akan memanjakan siapa pun yang datang berkunjung ke bumi Parahyangan yang dikelilingi oleh gunung-gunung ini.

Secara morfologi, kota Bandung berada pada ketinggian sekitar 768 meter di atas permukaan laut dan tepat berada di tengah-tengah provinsi Jawa Barat. Karena lokasinya di dataran tinggi, Bandung memiliki banyak spot wisata menarik untuk melihat sunrise atau matahari terbit. So sweet bukan?

Bukan karena keindahan alamnya saja, ternyata Bandung pun menyimpan rekam jejak sejarah penting, ternyata kawasan Bandung terbentuk dari sebuah cekungan danau purba yang mengering dan kemudian perlahan ditempati oleh manusia. Para ahli geologi memperkirakan bahwa cekungan ini terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba sekitar 105.000 - 210.000   tahun yang lalu. Wow amazing!

Tidak hanya objek wisata pegunungan, Bandung memiliki beraneka tempat wisata yang tak kalah menarik lainnya, seperti danau purbakala (situ), air terjun (curug),  bebatuan karang di puncak gunung, gua (goa), dsb.  Selain, karena keindahan alamnya, Bandung pun dikenal juga dengan kota fashionable dan kota sejuta kuliner.

Untuk urusan wisata kuliner, ya! Bandung memang rajanya deh. Kota dengan julukan popular “Kota Kembang” ini, Anda bisa hunting beraneka ragam sajian kuliner, mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner modern ala Asia, Barat, bahkan citra rasa ala Timur Tengah. Banyak spot tempat kuliner yang bisa Anda sambangi di berbagai penjuru kota Bandung.

Tidak hanya pada bulan-bulan biasa, pada bulan Ramadan pun banyak warga Bandung yang mengisi waktunya dengan ngabuburit atau tradisi menunggu berbuka puasa yang biasanya diisi dengan kegiatan berburu takjil, melakukan kegiatan sosial, jalan-jalan sore, atau sekadar berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

Seperti apa kebiasaan ngabuburit warga Bandung? Yuk! Kita intip kebiasaan ngabuburit asyik dan seru ala warga Bandung.

Membaca alquran bersama-sama (Sumber: squarespace.com)

1. Membaca Alquran Bersama

Salah satu kegiatan ngabuburit yang biasanya dilakukan di bulan Ramadan ialah membaca alquran bersama-sama (tadarus), baik bersama keluarga atau rekan-rekan menjelang buka puasa.

Dengan rutin membaca alquran bersama-sana di rumah, maka rumah akan lebih hidup dan bercahaya. Tak hanya itu, rumah yang senantiasa dibacakan Alquran akan membawa penghuninya merasa lebih tenang dan damai.

Berbagi takjil, berbagi rezeki bersama Podomoro Park Bandung (Dok. Podomoro Park)

2. Berbagi Takjil

Banyak cara untuk mengisi waktu puasa agar bermanfaaat dan bertambah pahala. Salah satu tradisi yang acapkali dilakukan warga Bandung menjelang buka puasa adalah berbagi takjil secara perorangan maupun per kelompok. Berbagai menu takjil yang biasanya dibagikan kepada orang-orang yang puasa, seperti kolak, kurma, minuman sirup, camilan, kue, es campur, dsb.

Bagi seorang muslim, berbagi takjil untuk berbuka puasa merupakan salah satu ibadah sosial. Dalam ibadah puasa, kita tidak hanya diminta untuk menengadahkan tangan secara spiritual-vertikal ke langit. Melainkan juga, membentangkan tangan secara sosial-horisontal di muka bumi. Puasa mengajarkan orang agar bersedia lapar dan bersedia berbagi antarsesama.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw. “Barang siapa umat islam yang memberi iftar atau makanan-minuman (untuk berbuka puasa) orang orang yang sedang berpuasa ramadan maka baginya akan mendapatkan pahala seperti orang baik yang juga berpuasa tanpa dikurangi atau dihilangkan sedikit pun pahalanya.”

Menambah ilmu dengan membaca (Sumber: bettendorflibrary.com)

3. Berburu Buku di Pameran atau Perpustakaan

Biasanya di bulan Ramadan, kota Bandung semarak dengan penyelenggaraan even Pameran Buku Islam yang diikuti oleh berbagai penerbit ternama nasional. Animo warga kota Bandung yang hadir ke Pameran Buku Islam ini pun cukup tinggi, hal ini terlihat dari ribuan pengunjung memadati area pameran, selain itu puluhan penerbit turut ikut serta menjajakan berbagai jenis buku dengan harga diskon, seperti buku agama, anak-anak, komik,  sosial, psikologi, kesehatan, hobi, prakarya, novel hingga buku sejarah.

Pameran buku Islam menjadi salah satu acara favorit ngabuburit ala warga Bandung. Selain hunting buku di pameran buku, warga kota Bandung pun banyak memanfaatkan waktu ngabuburit dengan mengunjungi perpustakaan atau perpustakaan keliling (Bandung Street Library). Jadi, selain menunggu waktu berbuka puasa, Anda pun semakin bertambah pengetahuan. 

Memang untuk dua tahun ini Pameran Buku Islam ditiadakan dahulu dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga pihak penyelenggara mengurungkan kegiatan ini demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

Indahnya berbagi (Sumber: simulab.com.br)

4. Be a Volunteer

Nah, bagi Anda yang mempunyai jiwa sosial tinggi, Anda bisa mengisi waktu bulan Ramadan dengan berbagai aktivitas sosial yang positif dengan menjadi sukarelawan atau volunteer.

Banyak hal yang bisa Anda kerjakan pada bulan Ramadan ini, seperti membagikan takjil gratis, bersedekah, membersihkan masjid, menjadi guru ngaji di sekitar masjid kompleks, penyuluh kesehatan, mengajar anak jalanan,  atau mendatangi panti asuhan atau pesantren terdekat.

Terlebih pada saat kondisi pandemi Covid-19, pada saat ekonomi terpuruk dan banyak orang dirumahkan (PHK) sehingga bantuan antarsesama tentu sangatlah berharga nilainya.

Membantu orang lain selain bermanfaat untuk orang lain, ternyata bermanfaat untuk diri sendiri. Hasil penelitian medis menunjukan pada saat seseorang melakukan hal yang menyenangkan, maka akan menstimulus zat endorfin. Luar biasanya, zat endorfin bertindak seperti morfin, bahkan dikatakan 200 kali lebih efektif dari morfin sehingga dapat menimbulkan perasaan senang, nyaman, dan semakin berenergi.

Kawasan hunian resort Podomoro Park dengan jogging track by the lake (Dok. Podomoro Park)

5. Hunting Spot Instagramable

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, tidak ada salahnya Anda manfaatkan waktu dengan jalan-jalan sore. Jalan-jalan berkeliling kota Bandung pasti semakin tak membosankan dengan banyaknya spot instagramable di Bandung yang bisa Anda kunjungi.

Banyak tempat hits dan kekinian yang bisa Anda kunjungi di kawasan Bandung, mulai dari taman tengah kota, wisata alam, perkebunan tematik, café atau resto unik, dsb.  

Salah satu destinasi recommended untuk Anda kunjungi adalah Podomoro Park Bandung, sebuah kawasan yang mengusung “harmony with nature”, kawasan hunian ini dirancang sedemikian rupa hingga menyatu dengan alam layaknya perumahan Bandung tempo dulu yang asri dan sejuk.

Di kawasan hunian di Bandung Selatan ini juga akan dibangun danau megah sepanjang satu kilometer yang dikelilingi  jogging track dan disediakan sejumlah permainan air seperti kano dan aktivitas rekreasi air lainnya.

Selain hidup dekat dengan alam, penghuni Podomoro Park pun dapat menikmati kehidupan resort mewah sekaligus bergaya hidup modern dengan konsep one-stop living karena di kawasan bebas banjir ini akan dilengkapi dengan fasilitas instalasi fiber optik yang menyediakan jaringan TV kabel, telepon, dan akses internet. Ditambah lagi fasilitas club house, fitness center, kolam renang, dan sarana tempat bermain anak.

Nah, bagi Anda yang hendak jalan-jalan ngabuburit. Jangan lupa, siapkan kostum terbaik beserta aksesorisnya, siapkan juga peralatan fotografi selengkap mungkin, dan siapkan gaya paling menawan. Dijamin foto atau video besutan Anda akan banjir like dan komentar di instagram.

Selamat ngabuburit!

Oleh: Adrie Noor