Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

Konsep Open Space, Rumah Idaman Ala Pasangan Milenial!

Open and multipurpose space atau lantai terbuka dan multifungsi biasa juga disebut open & multifunction floor, saat ini tengah menjadi tren desain arsitektur yang mendunia. Konsep ini banyak diadaptasi oleh hunian kontemporer juga minimalis. Rata-rata, pemilik rumah, perancang desain interior, serta arsitek mengadopsinya untuk menyiasati ruangan berukuran kecil.

Konsep ini sesungguhnya sudah banyak digunakan oleh mereka yang menginginkan sebuah hunian atau kantor yang praktis tanpa harus dibatasi banyak sekat. Dengan begitu, konsep open space mampu memberi kesan luas sekaligus menjadi opsi terbaik untuk mendapatkan utilitas ruang tanpa mengorbankan estetika keindahan.

Pada hunian-hunian modern untuk keluarga muda, konsep ini sangat tepat untuk diterapkan. Apalagi, bagi mereka yang menginginkan suasana lebih rileks, konsep ini mampu meningkatkan interaksi di antara sesama penghuni.

Selain memberikan dimensi positif berupa akses komunikasi yang lebih baik antar sesama penghuni, keunggulan lain dari open space adalah sirkulasi udara serta memudahkan mengubah tata letak barang-barang.

Nah, jika Anda hendak menerap-kan konsep open space, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  1. Pastikan membeli barang yang hanya sesuai dengan peruntukan ruangan seperti, meja makan harus diletakkan di ruang makan, serta beberapa barang lain seperti sofa di ruang tamu.
  2. Ciptakan zonasi dalam satu area. Misalnya, setelah menggabungkan beberapa ruang dalam satu area, ini saatnya Anda membagi zona agar setiap spot pada interior rumah minimalis memiliki fungsinya masing-masing.
  3. Kemudian, pilih furniture ramping dan tidak memakan tempat. Ini penting agar tidak mengganggu penglihatan dan membuat ruangan jadi lebih sumpek.
  4. Sisakan ruang untuk jalan sehingga lalu-lalang di dalam rumah tak terganggu, minimum 60 cm.

Lantas bagaimana melakukan dekorasi yang baik pada konsep ini? Menata ruangan dengan konsep open plan memang seperti melukis di atas kanvas kosong, Anda bebas berekspresi di dalamnya. Namun, jangan sampai melupakan room planning (merencanakan sketsa tata letak furnitur dan dekorasi).

Gunakan furnitur sebagai pembatas ruang atau area. Itu sebabnya, ukuran furnitur harus sesuai dengan ukuran ruangan. Anda juga membantu dengan karpet atau rug dengan corak dan warna senada dengan furnitur dan dinding.

Soal warna pun, Anda harus menjaga keselarasan dan harmonis antara satu area dengan area yang lain. Misalnya, dekorasi ruang tamu dapat dibuat lebih mengalir melalui aspek warna. Buatlah seakan dekorasi ruang tamu melanjutkan tema dekorasi pada ruangan lainnya. Pilihan warna pun akan lebih baik jika mengombinasikannya dengan warna teduh atau pastel.

Setelah warna dinding, rug atau karpet dan furnitur, kini giliran pernak-pernik dipasang untuk melengkapi dekorasi ruang tamu yang ada. Pada dekorasi ruang terbuka, Anda tetap bisa memasang artwork dan kolase bingkai foto, khususnya untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Jika menggunakan lemari sebagai sekat ruang, Anda bisa memasangnya pada bagian belakang lemari itu. Cermin yang dipasang berhadap-hadapan juga bisa memberikan kesan ruang tamu yang lebih luas.

Nah, bagi Anda pasangan milenial yang sedang mencari rumah, tidak ada salahnya jika melirik Podomoro Park Bandung, perumahan yang dibangun di kawasan Buahbatu, Bandung Tersebut sangat cocok untuk pasangan muda masa kini.

Salah satunya, hunian di Podomoro Park banyak mengusung konsep hunian modern dengan desain minim sekat. Tidak hanya itu, Podomoro Park juga memiliki fasilitas yang sangat cocok untuk pasangan milenial, seperti adanya fasilitas olah raga yang lengkap, area jogging track by the lakebike line, bike rent dan otoped listrik, kolam renang, fitness center, hingga clubhouse.

Bahkan beberapa klaster di Podomoro Park juga sudah dilengkapi dengan akses internet dengan instalasi fiber optik sebagai jaringan utama, jaringan telepon dan tv kabel. Menarik bukan?

Fasilitas premium lainnya yang juga tersedia dalam kawasan ini adalah commercial destination yang dibangun diatas lahan seluas lebih kurang 12 hektar, antara lain Mall Living Plaza yang dilengkapi dengan tenant-tenant ternama seperti Informa, Ace Hadware, Toys Kingdoms, dan Chatime, serta brand-brand lainnya. Kehadiran komersial area ini tentunya sangat cocok untuk pasangan muda yang menginginkan gaya hidup praktis dan simpel.

Whatsapp icon Mail Icon