Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

Keunggulan dan Tips Membeli Ruko yang Perlu Anda Tahu

Membeli ruko bukanlah keputusan yang mudah, karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kondisi fisik bangunan, lokasi, hingga legalitasnya. Nah, bagi Anda yang saat ini tertarik untuk membeli ruko, berikut ini adalah keunggulan dan tips membeli ruko yang perlu Anda ketahui.  

Keunggulan Membeli Ruko

Desain Fungsional

Ruko dapat digunakan sebagai tempat usaha, tempat tinggal, bahkan sebagai gudang untuk menyimpan barang. Kebanyakan ruko didesain sebagai tempat multi fungsi dan fungsional, dimana lantai satu digunakan sebagai tempat usaha, sementara lantai dua atau tiga sebagai hunian. Sehingga, membeli ruko tidak hanya memberikan tempat untuk berbisnis, tetapi juga tempat tinggal dan bekerja.

Target Pasar Jelas

Ruko biasanya dibangun di lokasi yang strategis dan terletak di daerah yang ramai, seperti pusat perbelanjaan atau pusat kota. Hal ini dapat menjamin kelangsungan usaha di masa depan dan memungkinkan ruko Anda lebih mudah disewakan atau dijual kembali.

Investasi Pasif

Ruko dapat menjadi instrumen investasi menarik karena bisa disewakan kembali. Dengan menyewakan ruko yang Anda miliki, Anda bisa memperoleh penghasilan pasif bulanan atau tahunan selain pendapatan utama seperti gaji. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan dan perbaikan secara rutin.

Tips Membeli Ruko

Perhatikan Lokasi

Jika Anda ingin membeli ruko di dalam perumahan, carilah yang sudah banyak dihuni karena akan lebih ramai. Pilihlah ruko yang posisinya di blok yang banyak dilalui pengunjung. Meskipun harganya lebih mahal, posisi yang ramai akan memudahkan Anda dalam memperkirakan dagangan yang akan dibuka dan lebih mudah untuk disewakan.

Pelajari Potensi Pasar

Pelajari harga ruko di kawasan yang sama untuk mempertimbangkan harga yang wajar. Bandingkan harga ruko sekelas dalam satu kawasan atau area. Untuk mendapatkan harga yang sewajarnya, Anda bisa mencari bantuan dari agen properti yang profesional dan mengetahui harga pasaran ruko setempat.

Cek Kondisi Ruko

Perhatikan kondisi ruko tersebut sebelum membelinya. Cermati apakah mudah diakses dari banyak penjuru dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Selain itu, pastikan juga legalitas, keamanan di sekitar area, kebersihan, dan luas area parkir nya.

Pastikan Keamanan Terjamin

Pastikan keamanan di sekitar ruko yang ingin Anda beli terjamin. Tanyakan kepada pengembang bagaimana sistem keamanan yang mereka jalankan. Selain itu, ketahui apakah ruko tersebut berada di lokasi yang rawan terhadap bencana alam, seperti banjir, gempa, atau longsor.

Apabila saat ini Anda sedang mencari ruko untuk berbisnis terutama yang berada di kawasan strategis, maka Grand Neo Plaza dan La Plaza di Podomoro Park Bandung merupakan pilihan tepat. 

Grand Neo Plaza menyediakan area outdoor dining di balkon lantai dua dengan area alfresco yang luas. Saat berada di tempat ini,  Anda akan disajikan dengan keindahan alami dari pesona Bandung Selatan, seperti pemandangan pegunungan Malabar dan Patuha. Area ini juga didukung dengan sejuknya udara bersih di sekitar kawasan. 

Selain Grand Neo Plaza, saat ini Podomoro Park Bandung juga meluncurkan area shophouse bernama La Plaza. Area shophouse ini terletak persis di jalur pintu utama Cikoneng dan pertemuan jalur pintu Ciganitri serta dikelilingi oleh tenan besar seperti Living Plaza, Primaya Hospital, McDonald’s, Starbucks, Indomaret Fresh, Ikea Pick Up Point, Alfamart dan masih banyak lagi.

La Plaza hadir dengan konsep Modern Classic European yang memadukan elemen fasad modern ala Eropa abad ke-19 dengan sentuhan modern yang sesuai dengan zaman sekarang. Pemilik shophouse La Plaza diizinkan memasang ornamen sederhana di bagian depan di lantai Ground Floor karena area ini memiliki lebar 3 meter dari pintu shophouse Anda. 

La Plaza memasarkan 3 jenis tipe ruko, yaitu La Plaza Hook, La Plaza Accent, dan La Plaza Reguler. Perbedaan antara tiga jenis ini terletak pada jumlah lantai, fasad, dan aksen fasad. Dengan jumlah lantai minimal 3, Anda diperbolehkan untuk membuat 2 bisnis yang berbeda dalam satu ruko sehingga dapat meningkatkan potensi keuntungan Anda. Selain itu, La Plaza juga memiliki teras di depan yang dapat digunakan sebagai area outdoor. Anda dapat memasang ornamen seperti kursi, meja, payung, atau membuatnya sebagai area untuk merokok.

Podomoro Park sendiri merupakan sebuah kawasan kota mandiri yang berada di Bandung, lokasinya terbilang sangat strategis karena berjarak hanya 2 km dari Tol Buah Batu. Di sana, pihak pengembang membangun area komersial dan hunian dengan konsep Harmony with Nature dimana Anda akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan barisan pegunungan Bandung Selatan. 

Whatsapp icon Mail Icon