Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

Hidup Minimalis dengan Arsana: Sedikit Barang, Banyak Manfaat

Saat ini rumah minimalis modern sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pola hidup masyarakat sudah banyak berubah. Kalau dulu, orang ingin memiliki rumah besar dan di dalamnya diisi dengan berbagai jenis perabotan sehingga rumah menjadi penuh dan terlihat sumpek. Berbeda zaman sekarang, masyarakat lebih memilih rumah kekininan dengan konsep minimalis modern dengan perabotan seperlunya sehingga terkesan praktis.

Ada banyak alasan yang membuat masyarakat lebih menyukai rumah minimalis modern dibandingkan dengan rumah besar. Selain karena rumah besar memerlukan biaya perawatan yang mahal, juga karena harga rumah semakin mahal dan sulit dijangkau. Faktor lainnya karena kesibukan pekerjaan keluarga muda sehingga membuat mereka tidak punya banyak waktu untuk mengelola rumahnya.

Gaya hidup minimalis adalah sebuah gagasan hidup sederhana yang memiliki filosofi “sedikit berarti sangat banyak atau less is more. Beberapa tahun belakangan ini memang telah bangkit gerakan hidup baru yang mendorong masyarakat untuk mengurangi ikatan mereka dengan harta duniawi, yakni minimalisme. Kesederhanaan adalah kunci menuju hidup minimalis dan menjadi hal yang sangat esensial dalam kehidupan kita.

Bagi banyak praktisi minimalisme, gaya hidup ini dipahami sebagai upaya menyingkirkan barang-barang berlebihan dan menjalani hidup berdasarkan pengalaman daripada harta duniawi. Salah satu praktik gaya hidup minimalis adalah memiliki lebih sedikit barang. Dengan cara mengurangi konsumsi yang berlebihan terhadap barang-barang tertentu. Oleh sebab itu kita dituntut untuk mampu menyelaraskannya dengan kebutuhan yang menjadi prioritas. Fokus hanya pada apa yang dibutuhkan adalah kunci kebahagiaan.

Thumbnail

Ilustrasi: Filosofi “less is more” (Sumber: kuntjara.com)

Rumah minimalis modern umumnya sangat mengedepankan sisi simplicity, baik dari segi desain maupun ukuran. Meskipun luasnya terbatas, tetapi masih memiliki estetika. Jadi, bukan sekadar pemilihan warna hitam, putih, dan abu-abu saja. Penggunaan warna lain juga sangat memungkinkan untuk diterapkan pada rumah minimalis modern.

Ada beberapa alasan, mengapa rumah berkonsep minimalis sangat digandrungi keluarga muda zaman now, di antaranya adalah:

Pertama, struktur bangunan simple. Memang, rumah minimalis modern itu memiliki desain eksterior dan interior yang berbeda-beda, tergantung selera para penghuninya masing-masing. Namun, ada satu kesamaan yaitu struktur bangunan yang simple dan tidak ribet.

Biasanya struktur bangunan rumah minimalis modern itu lebih cenderung compact dan berbentuk simetris, baik secara horizontal atau vertikal. Rumah-rumah di sini terlihat menonjol dengan struktur bangunan berbentuk simetris seperti kubus dan persegi. Konsep ini jugalah yang bisa kita lihat pada rumah Tipe Arsana di kawasan Padmagriya, Podomoro Park. Proyek hunian yang dikembangkan oleh Agung Podomoro Land ini menawarkan rumah-rumah satu lantai yang mengusung konsep minimalis modern.

Thumbnail

Ilustrasi: Rumah minimalis modern Tipe Arsana di kawasan  Padmagriya, Podomoro Park

Kedua, minim dekorasi. Setiap penghuni rumah memang memiliki selera masing-masing. Namun, jika kita ingin menerapkan konsep hunian minimalis modern, maka sebaiknya memakai furnitur seminim mungkin yaitu hanya beberapa furnitur yang penting saja, sesuai dengan kebutuhan. Bukan hanya itu, pemilihan desain furnitur yang akan dipasang di rumah juga sebaiknya yang simpel saja.

Misalnya penataan ruang dapur dan ruang keluarga dengan pemilihan warna dinding yang adem dengan palet warna interior yang netral sangat menentukan agar ruangan terlihat lebih bersih, terang, dan luas. Itu semua sudah menjadi ciri khas konsep rumah modern minimalis masa kini.

Ketiga, tersedia ruangan terbuka. Memang, rumah minimalis modern umumnya identik dengan ruang yang serba terbatas. Namun, kalau kita pintar menatanya maka akan terlihat luas. Nah, agar ruangan terlihat luas, bersih, dan terang di dalam rumah, kita perlu mengurangi penggunaan sekat. Misalnya, kita bisa menggabungkan ruang keluarga dan ruang makan tanpa sekat.

Thumbnail

Ilustrasi: Contoh ruangan rumah minimalis modern yang menghubungkan ruang keluarga

dengan ruang makan (Sumber: today.line.me)

Bagaimana caranya agar ruangan dalam rumah terlihat terang sehingga terkesan lebih lapang? Kalau memungkinkan, manfaatkan dinding dengan memasang jendela besar. Tujuannya agar sinar matahari bisa masuk dengan mudah melalui jendela tersebut sehingga selama pagi hingga sore hari kita tak perlu menyalakan lampu.

Area Podomoro Park jug sangat memperhatikan sekali masalah lingkungan dan kenyamanan para penghuninya. Di sana terdapat lahan terbuka hijau seluas hampir 50% dari total 130 ha luas seluruh kawasan hunian. Hal tersebut membuat sirkulasi udara menjadi baik sehingga kawasan ini terasa sekali kesejukannya.

Apalagi di kawasan ini juga terdapat sebuah danau sepanjang 1 Km. Tentu tidak mudah menemukan danau dalam kawasan hunian. Hanya pengembang besar dan peduli terhadap lingkungan yang mampu melakukannya.

Keberadaan danau sepanjang tersebut menjadikan Podomoro Park menjadi satu-satunya kawasan hunian resort terbaik di Bandung yang memiliki danau yang dapat diakses oleh para penghuninya. Lokasi di sekitarnya juga bisa menjadi destinasi wisata dan tempat berolahraga santai khususnya bagi  para penghuni kawasan hunian Podomoro Park.

Kelebihan lainnya adalah tersedianya berbagai pohon yang sengaja ditanam sepanjang jalan akses menuju area hunian dan di dalam lingkungkungan hunian itu sendiri, sehingga menjadikan lingkungan di sekitar Podomoro Park  benar-benar asri. Apalagi dedaunan dari pohon-pohon tersebut akan melakukan proses fotosintesis dan menyerap karbon dioksida untuk membuat karbohidrat, cadangan makanan bagi tanaman. Bersamaan dengan terbentuknya karbohidrat, tanaman juga melepaskan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup, termasuk manusia.

Thumbnail

Ilustrasi: Ruang terbuka hijau yang berada di kawasan hunian Podomoro Park Bandung

(Sumber: podomoropark.com)

Banyaknya pepohonan rindang dan collective garden yang dapat memberikan keteduhan dan keasrian, serta menjadi paru-paru kawasan yang dapat menghasilkan oksigen berkualitas baik.

Berbicara soal hunian modern kekinian yang menjadi dambaan generasi milenial dan keluarga muda di Indonesia, Agung Podomoro Land sebagai pengembang profesional yang memiliki reputasi tinggi dan sangat berpengalaman telah menjawab kebutuhan tersebut dengan membangun kawasan hunian modern Podomoro Park Bandung yang berlokasi di Buahbatu, Bandung Selatan.

Dengan jargon World Class Home Resort, Podomoro Park berusaha memanjakan penguninya dengan berbagai fasilitas yang modern, nyaman, aman, dan ramah lingkungan. Hunian ini  dibangun dengan memperhatikan kondisi sekitarnya dan mengutamakan keselarasan dengan alam. Juga sistem keamanan maksimal yaitu full selama 24 jam. Tidak heran kalau para penghuninya dibuat manja, merasa aman, dan nyaman tinggal di kawasan ini, layaknya tinggal dalam kawasan resort premium.

Salah satu tipe rumah yang menjadi incaran kaum muda kawasan hunian Podomoro Park adalah rumah Tipe Arsana. Rumah berbentuk minimalis modern ini berada dalam kawasan Cluster Padmagriya yang merupakan private cluster.

Rumah Tipe Arsana adalah sebuah hunian satu lantai yang terdiri dari tiga kamar tidur dengan status Sertifikat Hak Milik (SHM). Tipe Arsana ini tersedia dua pilihan yaitu pertama, Unit Reguler dengan luas bangunan 58 m² dan luas tanah 90 m². Kedua, Unit Hoek dengan luas bangunan 61 dan luas tanah 120 m². Kedua unit ini masing-masing memiliki kapasitas daya listrik sebesar 2.200 Watt.

Juga tersedia carport yang cukup untuk menampung sebuah mobil dan sebuah motor dengan kanopi mewah. Ruangan di dalamnya memiliki sirkulasi udara dan akses pencahayaan yang bagus. Sangat cocok bagi kalangan milenial atau keluarga muda yang mengedepankan gaya hidup sehat.

Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, seperti jaringan internet yang kuat sehingga memudahkan para penghuninya terkoneksi ke dunia maya. Juga tersedia instalasi fiber optic yang menyediakan layanan triple play untuk jaringan TV kabel, Telepon, dan internet sekaligus.

Fasilitas lainnya adalah panic button, Underground System Electrical (USE), penyedian air bersih PDAM, jogging track di sepanjang pinggir danau dan Club House dilengkapi infinity pool, gym, jacuzzi, tennis court, basketball court, dan function room.  

Saat ini tersedia dalam jumlah terbatas yaitu 21 unit saja dengan DP cuma Rp 10 juta. Biaya reservasi tanpa risiko karena 100% dapat dikembalikan. 

***