Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO TIPS

Healthy Life-Happy Life Bersama Podomoro Park Bandung

Oleh : Mutiara Kasih

Pemenang Juara Harapan 2 Podomoro Park’s Writing Competition 2021 

Kesehatan merupakan aset yang sangat esensial dalam hidup. Bahkan jika dibandingkan dengan harta duniawi sekalipun, kesehatan jauh lebih berharga karena merupakan kekayaaan terbesar yang menjadi dasar dari semua nikmat yang dianugrahkan Tuhan. Memiliki harta berlimpah, jabatan tinggi, bahkan kecerdasan di atas rata-rata sekalipun jika tidak diimbangi dengan kesehatan yang baik niscaya akan sia-sia dan hidup tidak bahagia. Sehingga sangatlah wajar jika semua orang begitu mendambakan hidup sehat.

Namun ketika kita dalam keadaan sehat terkadang cenderung mengabaikan kesehatan. Kita mulai terlena dengan segala kenikmatan yang justru dapat menggangu kesehatan. Memakan semua makanan yang kita rasa nikmat secara berlebihan tanpa memikirkan efek samping dari makanan tersebut. Makanan memang merupakan sumber energi bagi tubuh yang dibutuhkan demi kelangsungan hidup kita. Tetapi dengan begitu kita tetap tidak dibolehkan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Beragam manfaat yang terkandung dalam makanan akan berubah menjadi toxic apabila kita konsumsi melebihi batas porsinya. Makanlah makan yang bergizi dan sehat dengan porsi yang wajar, sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Di masa pandemi seperti saat ini mengharuskan kita untuk mengurangi intensitas berada di luar ruangan sehingga lebih banyak beraktifitas di dalam rumah. Semua kegiatan keluarga seperti bekerja dan sekolah berpindah di rumah. Aktifitas-aktifitas tersebut diharuskan untuk dapat dilakukan dari rumah seperti work from home dan learn from home. Oleh karena itu, banyak dari kita yang merasakan jenuh karena dituntut untuk beradaptasi pada kenormalan baru. Selain itu, rasa panik dan ketakutan yang timbul dari adanya pandemi ini berbuntut pada munculnya tekanan. Bila tidak dikendalikan, tekanan tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan mental. Jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidup bisa menurun.

Kesehatan mental yang prima mampu membuat kita menggunakan secara optimal potensi yang kita miliki dan sudah tentu dapat beraktivitas secara produktif. Selain itu, orang yang memiliki kesehatan mental yang baik juga mampu berpikir jernih dan positif ketika dihadapkan dengan berbagai macam persoalan. Bahkan, mereka juga lebih mampu untuk memberikan kontribusi yang baik kepada orang-orang di sekitarnya. Bak kata pepatah “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”. Buktinya orang yang memiliki kesehatan mental yang baik beresiko lebih rendah terkena penyakit kronis.

Menerapkan healthy lifestyle adalah cara paling jitu untuk dapat menghindari dan menekan terjadinya gangguan kesehatan fisik maupun mental. Oleh sebab itu, upaya menerapkan healthy lifestyle harus dimulai sedini mungkin dan dilakukan secara berkesinambungan. Selain dukungan dari diri sendiri, ternyata faktor lingkungan juga dapat memengaruhi healthy lifestyle yang akan kita jalankan. Lingkungan yang mendukung tersebut salah satunya tercermin pada hunian sehat dan ramah lingkungan.

Tempat hunian ramah lingkungan dan sehat di Jawa Barat yang nyata mendukung penerapan gaya hidup sehat terlebih di masa pandemi saat ini adalah Podomoro Park Bandung. Hunian residential yang merupakan proyek masterpiece terbaru Agung Podomoro Land terletak di tengah keindahan Bandung Selatan. Rumah resort yang mengedepankan keselarasan alam dengan rimbunan pepohonan dan pemandangan indah pegunungan Bandung Selatan menciptakan nuansa layaknya tinggal di hunian berkelas dunia yang akan memberikan kita ketenangan dan kenyamanan.

Kawasan Podomoro Park ramah lingkungan berhasil menghadirkan hunian ideal yang mampu meningkatkan kualitas hidup kita menjadi lebih baik. Hunian prestisius bernuansa resort mewah yang dilengkapi berbagai fasilitas premium ini mengusung lima elemen utama yang menjadi jawaban bagi kebutuhan hunian ideal masa kini. Elemen pertama adalah udara bersih dan segar yang kaya akan oksigen, berasal dari wind tunnel Pegunungan Bandung Selatan. Elemen kedua yang dimiliki adalah pemandangan barisan pegunungan Bandung Selatan yang keindahannya terlihat jelas dari dalam kawasan Podomoro Park Bandung. Elemen ketiga yaitu tersedianya 50% ruang terbuka hijau dari total kawasan hunian sehingga membuat lingkungan menjadi benar-benar asri. Elemen keempat adalah danau indah nan megah sepanjang 1 km di tengah kawasan sebagai center of attraction. Elemen kelima yaitu banyaknya pepohonan rindang dan Collective garden yang memberikan kita keteduhan dan keasrian serta merupakan paru-paru kawasan yang menghasilkan oksigen berkualitas baik.

Hidup sehat itu mudah, tak mahal. Tubuh yang sehat dan bugar adalah buah dari penerapan gaya hidup sehat. Tinggal di lingkungan yang sehat seperti di Podomoro Park Bandung merupakan pilihan yang sangat tepat karena membuat kita lebih mudah merealisasikan gaya hidup sehat yang menjadi impian kita. Podomoro Park menyadari betapa pentingnya tinggal di lingkungan yang sehat terlebih di masa pandemi seperti saat ini. Dengan mengusung konsep harmony with nature, Podomoro Park seakan mengembalikan suasana Bandoeng Tempoe Doeloe yang sejuk dan asri.

Podomoro Park juga memfasilitas para penghuni dengan fasilitas sportcreation premium yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan stres sebagai hal yang sangat krusial di masa pandemi saat ini. Sehingga mereka dapat berolahraga sambil berekreasi dengan jarak hanya selangkah dari hunian mereka mulai dari Premium Club House yang di dalamnya terdapat berbagai aktifitas di antaranya infinity pool, fitnes center, basketball court, jacuzzi, bowling dan bilyard. Kemudian tersedia juga bicycle Track dengan menggunakan layanan bike line dan bike sharing GOWES yang memudahkan penghuni untuk melakukan aktifitas di dalam kawasan. Dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut kita dapat mengurangi penggunaan emisi gas kendaran yang akan membuat lingkungan bebas dari polusi udara dan polusi suara.

Selain itu, Podomoro Park Bandung juga menyediakan jogging track by the lake dimana para penghuni dapat berolahraga jogging sambil mengitari indahnya danau Podomoro Park. Fasilitas ini menjadi salah satu pusat aktifitas warga perumahan dimana sesama mereka saling mengenal satu sama lain atau sekedar jalan pagi atau sore hari. Water activity seperti gondola dan berkano juga dapat dimainkan dibeningnya air danau Podomoro Park. Tidak hanya itu, bermain golf yang sangat diminati banyak orang di masa pandemi saat ini juga dapat dilakukan di kawasan Podomoro Park dengan tersedianya Podomoro Park Golf Court. Hal ini menjadi solusi bagi para pecinta golf yang menginginkan area berlatih golf  tapi tidak perlu pergi jauh dari rumah.

Kita telah mengetahui bahwa betapa penting untuk segera memulai healthy lifestyle agar kualitas hidup kita meningkat secara keseluruhan. Lantas, bagaimana kiat kita dalam menjalankan healthy lifestyle di hunian ramah lingkungan seperti di Podomoro Park Bandung? Berikut adalah beberapa cara untuk memulai healthy lifestyle yang bisa langsung kita terapkan dan jadikan rutinitas baru.

Pertama, konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Hal ini sangat penting supaya tubuh kita dapat tumbuh, berkembang, serta menjalankan fungsinya dengan maksimal. Mengkonsumsi makanan sehat sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Kita dapat mengkonsumsi biji-bijian utuh seperti oatmeal, roti gandum, dan sereal. Makanan-makanan tersebut mengandung asam folat, vitamin B, serta selenium yang bermanfaat untuk mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, serta mengurangi risiko diabetes.

Kita juga disarankan untuk mengkonsumsi beragam jenis sayuran, telur, kacang-kacangan, dan  buah-buahan untuk membantu memelihara kesehatan tubuh. Kita juga dapat mengkombinasikan beragam jenis makanan sehat lainnya agar lebih bervariasi. Tidak hanya itu cara pengelolaan makanan pun wajib kita perhatikan agar tidak merusak kandungan gizi di dalamnya sehingga kita tetap mendapatkan manfaat dari makanan yang kita konsumsi.

Kedua, minum air putih yang cukup setiap hari. Tidak dapat dipungkiri bahwa air putih merupakan salah satu kebutuhan yang paling vital bagi kita. Sebab apabila asupan air dalam tubuh berada pada tingkat rendah, maka akan mengakibatkan terjadinya dehidrasi.

Menurut penelitian dari tiga Perguruan Tinggi di Indonesia (FEMA IPB, FKM UNAIR, dan UNHAS) kekurangan 2% air dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan dalam fungsi otak seperti berkurangnya tingkat konsentrasi. Kekurangan 4-6% air dari tubuh bisa menyebabkan sakit kepala dan letih. Sedangkan kekurangan 12% air dari tubuh bisa mengganggu fungsi otot bahkan dapat berakibat fatal bagi tubuh.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh, maka sebaiknya kita menerapkan gaya hidup sehat dengan membiasakan minum air putih yang cukup setiap harinya. Supaya tubuh tetap sehat dan tidak mengalami dehidrasi, kita dianjurkan untuk minum 8 gelas atau 2 liter air putih setiap hari dan hindari minuman ringan bergula serta minuman berenergi karena termasuk sumber utama kalori yang tak bernutrisi.

Ketiga, olahraga teratur. Banyak sekali benefit yang kita dapatkan jika melaksanakan healthy lifestyle dengan berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga secara teratur bisa membuat peredaran darah menjadi lancar, serta menguatkan otot dan tulang. Pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga dengan durasi minimal 150 menit setiap pekan. Mulai dari joging, renang, hingga senam aerobik, serta jenis olahraga lain yang kita sukai untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Keempat, istirahat cukup. Perlu kita ketahui bahwa istirahat yang cukup sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh kita. Cukup beristirahat dan mengurangi begadang adalah bagian yang tak kalah penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Bahkan kurangnya waktu tidur juga sama tidak baiknya dengan menjalani pola makan yang buruk. Jika kita terbiasa begadang, kita akan rentan terserang penyakit yang terbilang mematikan termasuk kanker dan jantung serta obesitas. Pastikan jam tidur kita selalu terpenuhi. National Sleep Foundation menganjurkan kita untuk tidur dalam waktu antara 6 sampai 8 jam  setiap malam untuk rentang usia 18-25 tahun. Dengan istirahat yang cukup setiap harinya maka kita akan sudah melakukan healthy lifestyle dengan baik.

So dude what are you waiting for? Jangan terus menunda untuk merubah gaya hidup lama kita ke gaya hidup yang lebih sehat. Walau mungkin sulit berpaling dari kebiasaan lama, kita perlu menyadari bahwa healthy lifestyle dapat menghadiahkan kita hidup yang lebih baik dan bahagia. 

Whatsapp icon Mail Icon