Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO TIPS

Beli Rumah di Tempat yang Tepat, Jadi Untung Di Masa Depan

Membeli rumah untuk tempat tinggal atau investasi bukanlah perkara yang mudah seperti membalik tangan, banyak hal tentunya yang harus dipikirkan secara matang agar kelak setelah membeli properti tersebut, Anda tidak merasa menyesal atau rugi, baik secara finansial, energi  maupun waktu. Terlebih lagi hunian untuk tempat tinggal yang akan Anda tempati dalam jangka waktu panjang.

Memilih dan mencari rumah itu ibarat mencari jodoh idaman. Dicari-cari, kemudian dipilah sampai akhirnya dipilih yang sesuai dengan impian dan kemampuan finansial Anda tentunya. Oleh karena itu, jangan tergesa-gesa, pertimbangkan dan kalkulasi secara cermat dan matang. Nah, dalam tulisan kali ini akan diulas poin-poin penting sebelum membeli rumah sehingga Anda tidak ragu-ragu lagi dalam memilih properti terbaik impian Anda sekeluarga.

                            Thumbnail

    Hunian dengan lokasi yang tepat menjadi idaman keluarga. (Sumber: money-plans.com)

  • Lokasi

Salah satu hal yang harus dicermati sebelum Anda merencanakan membeli sebuah hunian adalah lokasi. Tidak sedikit banyak penghuni yang merasa kecewa setelah membeli properti di lokasi yang tidak strategis, seperti sering terjadi kemacetan, atau lokasi properti tersebut berada di lingkungan rawan bencana seperti banjir atau longsor. Acapkali hal ini kerap luput dari estimasi Anda saat akan membeli rumah karena tergiur dengan buaian iklan atau promosi harga properti yang murah.

Lokasi merupakan hal wajib yang patut dipertimbangkan saat Anda dan keluarga memilih sebuah properti, terlebih rumah untuk tempat tinggal. Memilih rumah yang berlokasi dekat dengan pusat-pusat aktivitas utama keluarga seperti tempat bekerja, bersekolah, berbelanja, dan sebagainya tentu akan sangat mempermudah aktivitas sehari-hari Anda sekeluarga. Dapat Anda bayangkan, salah memilih lokasi rumah akan menyebabkan kerugian tidak sedikit. Selain boros waktu, kemacetan bisa menyebabkan stress dalam perjalanan setiap harinya.

  • Jalan Utama

Jalan utama merupakan titik akses penting menuju ke lokasi hunian Anda. Kondisi jalan utama yang baik memiliki standarisasi ukuran yang lebih lebar, besar, dilapisi aspal, dan bisa dilewati dari dua arah berlawanan. Walaupun setiap perumahan memiliki lebar jalan berbeda-beda. Namun, pada umumnya rata-rata lebar jalan perumahan untuk kelas menengah ke atas adalah lima hingga sepuluh meter. Selain lebar jalan, perhatikan juga kondisi jalan, seperti banyak lubang, retak-retak, kualitas bahan lapisan jalan utama, dsb.

  • Aksesibilitas

Selain lokasi, poin lainnya yang perlu dicermati adalah aksesibilitas. Hunian dengan kemudahan aksesibilitas tentu menjadi nilai utama sebagai bahan pertimbanan Anda dalam memilih properti.  Aksesibilitas dapat dikatakan sebagai lokasi hunian yang berkaitan dengan ketersediaan akses di kawasan hunian, seperti moda transportasi umum dan dukungan infrastruktur yang lengkap.

Dengan aksesibilitas yang mudah, penghuni bisa lebih praktis dan efisien dalam menjalani aktivitas sehari-hari, baik untuk pergi bekerja, berbelanja, berolahraga, bersekolah, atau aktivitas lainnya.

Saat ini konsep hunian yang tengah ramai dibicarakan media dan menurut pengamat properti akan menjadi tren atau primadona adalah hunian berbasis kawasan TOD atau Transit Oriented Development. Kawasan hunian ini mengintegrasikan antara area hunian dengan area komersial dalam satu kawasan dan dirancang sedemikian rupa untuk memaksimalkan akses ke transportasi umum seperti commuter line, Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit, bus, metro, atau moda transportasi umum lainnya.

Kehadiran hunian berorientasi TOD akan menciptakan internalisasi pergerakan antara hunian residensial, perkantoran, dan fungsi-fungsi lain dalam sebuah kawasan. Hal ini akan memberikan nilai efisien bagi keluarga Anda dan menghemat banyak hal, seperti hemat waktu, energi, dan finansial sehingga otomatis akan meningkatkan kualitas hidup Anda sekeluarga.

  • Fasilitas Perumahan

Sudah menjadi hal yang lumrah, sebuah hunian dikatakan ideal apabila dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum, seperti pasar, rumah sakit, sekolah, keamanan, pusat kebugaran, ruang terbuka hijau, tempat ibadah, akses ke transportasi publik, kantor, akses jalan tol, bahkan tempat hiburan. Dengan berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh pihak pengembang, tentu akan membawa kenyamanan hidup bagi setiap penghuninya.

                           Thumbnail

          Hunian dengan orientasi green living menjadi primadona hunian masa kini. (Sumber: Podomoropark.com)

  • Green living oriented

Saat ini masyarakat dunia, termasuk masyarakat Indonesia semakin concern akan lingkungan hidup. Bukan hanya perusahaan yang menerapkan go green yang mengubah gaya hidup menjadi lebih eco-friendly, kini pengembang perumahan modern pun mulai aware dan menerapkan green living concept.

Konsep green living Hal ini menjadi krusial di tengah-tengah semakin masifnya pengunaan kendaraan bermotor dan cepatnya pertumbuhan dunia perindustrian yang berdampak naiknya emisi karbon. Selain itu, pembangunan yang eksesif, kian menggerus ketersediaan ruang terbuka dan lahan hijau.

Dengan hadirnya hunian green living oriented, tentu akan meningkatkan kualitas hidup penghuni dan alam sekitarnya. Bukan hanya penghuninya yang diuntungkan, termasuk juga lingkungan sekitarnya karena dirawat dengan baik dan tentu akan memberikan dampak kehidupan yang lebih baik bagi manusia. Selain lingkungan hijau menciptakan relaksasi bagi mata, penghijauan akan memproduksi udara yang bersih dan sejuk yang dibutuhkan manusia.

                            Thumbnail

                              Kawasan hunian bebas banjir harus menjadi dalah satu pertimbangan utama                                             sebelum membeli properti. (Sumber: Freepik.com)

  • Bebas banjir

Bebas banjir menjadi salah satu poin penilaian penting dalam menentukan calon lokasi rumah idaman Anda. Betapa tidak, akibat rumah berada di lokasi rawan banjir, tentu rutinitas Anda sekeluarga pasti akan terganggu. Bukan hanya hanya mengusik kenyamanan hidup, tetapi banjir bisa mengancam keselamatan jiwa Anda dan keluarga.

  • Perkembangan wilayah

Sebuah properti dianggap bernilai tidak hanya dilihat dari situasinya saat ini saja, tetapi juga rencana pengembangan di masa depan. Oleh karena itu, poin penting lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah rencana perkembangan wilayah, terlebih bila Anda membeli properti untuk tujuan investasi.

Untuk memperoleh perkembangan suatu wilayah, Anda bisa mencari informasi dari pengembang, rekan bisnis, pihak pemerintahan, konsultan properti, atau siapa pun yang bisa Anda percaya. Namun perlu diingat, sebaiknya Anda harus pintar-pintar menyaring dan memverifikasi kembali mengenai informasi yang Anda peroleh.

Jadi, perhitungkan secara cermat, jangan sampai Anda kalkulasi untung, malah ternyata buntung. Dengan begitu, bila Anda akan menjualnya kembali, properti Anda harganya akan naik atau bila disewakan harganya cukup menguntungkan.

Salah satu pengembang papan atas yang telah mengimplementasikan poin-poindi atas adalah Agung Podomoro Land (APL) yang kini tengah membangun Podomoro Park Bandung, sebuah kawasan hunian bernuansa resort di daerah Buah Batu, Bandung Selatan. Tampilan arsitektur hunian di Podomoro Park dibuat mirip seperti rumah-rumah bergaya classic American karena hunian ini terinspirasi dari kawasan Woodbridge di Irvine, California, Amerika Serikat.

Hunian berlatar pegunungan di Bandung Selatan ini mengusung Green Living Concept yang menyatu dengan alam hijau dengan suasana yang asri, sejuk, dan segar. Untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan penghuninya, pihak Podomoro Park Bandung akan menjadikan lima puluh persen lahan dari total lahan 130 hektar sebagai ruang terbuka hijau. Lebih spektakuler lagi, di tengah kawasan akan dibangun sebuah danau megah sepanjang 1 km yang dibangun dengan teknologi tinggi dan desain estetis yang selaras dengan keindahan alam Bandung Selatan. Luar biasa bukan?

Untuk menikmati sensasi danau di tengah kawasan hunian, pihak pengembang menyediakan tempat rekreasi air, jogging track yang luas, dan  bikeline bagi pesepeda.  Selain itu, untuk memberikan kenyamanan bagi penghuninya, pihak pengembang menyediakan club house premium, sarana olahraga, area ruang terbuka hijau, pusat komersial, mall modern, rumah sakit dan sekolah bertaraf internasional, serta berbagai fasilitas lainnya.

Adapun untuk akses jalan utama dibuat lebar sehingga bisa dilalui dari dua arah kendaraan. Selain itu, kawasan Podomoro Park terintegrasi dengan stasiun LRT dalam kawasan yang memiliki akses ke stasiun kereta cepat Bandung- Jakarta.

Hadirnya Podomoro Park Bandung sebagai kawasan hunian modern di kawsan hijau akan menjadi angin segar bagi Anda yang mengidamkan pengalaman tinggal nyaman serta dekat dengan keasrian alam sekitar, bahkan tidak cuma sebatas hunian. Properti di kawasan ini sangat pas dijadikan instrumen investasi properti masa depan. Tertarik?

Whatsapp icon Mail Icon