Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO NEWS

4 Tips Membuat Kolam Ikan Koi di Rumah Minimalis

Lebih dari sekedar mempercantik desain rumah, kolam ikan koi adalah elemen yang tepat untuk menghadirkan kenyamanan dan ketenangan dengan suara gemericik air.  Hadirnya elemen air di hunian Anda dapat membuat rumah semakin sejuk meski di tengah siang hari terik. 

Selain itu, memelihara dan merawat ikan koi dapat menjadi salah satu hobi untuk Anda. Memiliki kolam ikan koi dipercaya bisa mengurangi stress penghuni rumah, menambah keindahan taman, serta menambah hoki, rejeki dan panjang umur. 

Bicara soal kolam ikan koi tidak terlepas dari pemilihan lokasinya di dalam rumah. Kolam ikan koi umumnya terletak di depan rumah, samping, belakang rumah atau di dalam rumah. Baik letak maupun desainnya tentu dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis, tidak sulit untuk mewujudkan kolam ikan koi idaman. Simak artikel berikut ini yang mengulas tips membuat kolam ikan koi di rumah minimalis!

Pilih Desain Kolam Ikan Koi

Desain kolam ikan koi dengan air terjun atau air mancur sudah banyak dijumpai. Desain yang bisa Anda gunakan untuk membuat kolam ikan minimalis di teras rumah adalah menggunakan kaca transparan. Meski ukuran kolam ikan tidak besar, kaca menjadikan kolam Anda terlihat lebih mewah, elegan, dan dapat memperlihatkan bentuk ikan secara indah.

Sesuaikan Ukuran Kolam Ikan Koi dengan Lahan di Rumah

Ukuran kolam ikan koi harus sesuai dengan lahan yang tersedia di rumah, tentukan juga lokasi yang akan digunakan untuk membuat kolam ikan. Apakah di taman depan, samping, atau halaman belakang. Karena dengan bentuk kolam ikan yang tidak ideal, malah akan membuat rumah Anda nampak berantakan konsepnya.

Buat Chamber Filter

Kemudian, tips selanjutnya untuk membuat kolam ikan koi adalah sediakan chamber filter. Chamber filter berisi filter mekanis berupa filter brush untuk penyaring awal air dari kotoran pada sekat pertama. Sekat kedua, diletakkan antara filter mekanis dan filter biologis, yaitu berupa filter mat atau filter wool sebagai penyaring kedua agar air lebih bersih. Sekat ketiga diisi filter biologis berupa karbon aktif untuk menghilangkan bau amis air kolam. Anda bisa menggabungkannya dengan batu zeolit untuk menyerap amoniak dan menjernihkan air. Sekat terakhir merupakan penempatan pompa air yang mengalirkan air bersih ke kolam setelah melalui proses pembersihan beberapa sekat filter sebelumnya.

Tips Perawatan Rutin

Hal yang tak kalah pentingnya adalah perawatan kolam ikan minimalis itu sendiri. Perhatikan pengaturan sirkulasi air, serta pembersihan yang dilakukan secara berkala. Pada konsep kolam ikan minimalis, pembersihan biasanya cukup mudah dilakukan, karena tidak terdapat banyak ukiran-ukiran yang memungkinkan kotoran mengendap.

Tips membuat kolam ikan koi ini dapat Anda aplikasikan di Podomoro Park Bandung. Perumahan eksklusif ini merupakan hunian idaman yang menawarkan keindahan yang mengedepankan elemen air, pasalnya Anda dapat memilih lokasi rumah yang dekat dengan elemen air seperti danau di Agung Podomoro Land Bandung

Danau megah seluas 1 KM tersebut merupakan pusat daya tarik yang ada di dalam kawasan, serta menjadikan Podomoro Park Bandung satu-satunya kawasan hunian resort terbaik di Bandung yang memiliki danau dan menjadi fasilitas perumahan yang dapat diakses penghuni. .

Perumahan ini menawarkan berbagai fasilitas eksklusif yang lokasinya ada di sekitar danau megah tersebut. Adapun fasilitas seperti jogging track by the lakebike lineswimming poolfitness center hingga clubhouse mewah dapat Anda jumpai. Bagi Anda yang mendambakan hunian sejuk dan asri dengan elemen air yang dominan, maka Agung Podomoro Land Bandung adalah pilihan tepat. 

Udara kawasan ini sangat sejuk berasal dari hembusan wind tunnel pegunungan dan asri dengan view pegunungan Bandung Selatan, didukung dengan adanya ruang terbuka hijau berupa pepohonan rindang dan collective garden. Konsep ‘Harmony with Nature’ yang diusung sangat cocok menggambarkan perumahan Buah Batu Bandung ini. 

Tak luput pula area komersial untuk menunjang kenyamanan para penghuni seperti modern fresh market, waterfront dining, Living Plaza, berbagai pilihan cafe dan restoran hingga fasilitas pelayanan kesehatan yaitu Primaya Hospital. 

Dibangun di atas lahan seluas 130 hektar, kawasan perumahan berskala kota mandiri ini dibangun oleh developer ternama dan terpercaya Indonesia yaitu PT Agung Podomoro Land. Lokasi Podomoro Park Buah Batu Bandung sangat strategis, pasalnya hanya berjarak 2 km dari pintu tol Buah Batu, dekat menuju pusat kota Bandung.

Perumahan Buah Batu Bandung tersebut menawarkan 7 cluster di dalam kawasan kota mandiri: Padmagriya, Amagriya, Anapuri, Fashagriya, Brahmapuri, Sadyagriya dan cluster terbaru yaitu Wangsagriya, sebuah cluster deluxe dengan fasilitas premium berkonsep alam. 

Nikmati keindahan pemandangan Pegunungan Malabar dan Patuha dengan membeli unit rumah di cluster Wangsagriya. Unit rumah yang ditawarkan berdesain modern tropical dengan penggunaan motif kayu dan batu alam. Memiliki kesan hangat, sehingga tepat menjadi hunian nyaman keluarga. 

Sumber foto : Unsplash, Pond Wiki, Shopee Indonesia

Whatsapp icon Mail Icon