Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO TIPS

Tips Jaga Imun Saat Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

Ramadan tahun ini memang terasa berbeda, karena kali ini masyarakat harus dihadapkan dengan ancaman pandemi virus corona. Namun, sebagai seorang muslim yang taat kita harus selalu tetap melaksanakan ibadah puasa sekaligus menjaga sistem imun agar terhindar dari berbagai macam virus. 

Nah, bagi Anda yang berpuasa berikut ini adalah beberapa tips menjaga imun tubuh saat puasa di tengah pandemi covid 19.  

Perhatikan Asupan Gizi Seimbang 

Perhatikan asupan gizi seimbang, indikator pola makan seimbang ini dapat dilihat dari dari variasi jenis makanan saat sahur ataupun berbuka. Disarankan Anda selalu menyajikan protein hewani dan nabati, sumber karbohidrat serta sayur-sayuran. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan, utamakan buah yang mengandung air tinggi dan dimakan utuh.

Kurangi Makanan dan Minuman Berperisa Manis Buatan

Saat berbuka puasa, sebaiknya batasi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, karena mengkonsumsi makanan manis buatan akan melemahkan kinerja sel darah putih untuk memakan mikroorganisme berbahaya. Lebih baik pilih makanan manis alami yang juga mengandung serat dan bernutrisi tinggi seperti jus, smoothies, atau buah-buahan segar.

Lakukan Olahraga Teratur  

Walaupun berpuasa, Anda juga disarankan selalu berolahraga, aktivitas ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun, Anda harus tetap menjaga porsi olahraga, pilihlah olahraga yang ringan seperti jogging atau jalan kaki. Waktu olahraga yang dianjurkan adalah 30 menit sebelum waktu buka, hal ini sengaja dilakukan agar terhindar dari dehidrasi. 

Berjemur

Aktivitas lainnya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah berjemur di bawah sinar matahari, disarankan Anda berjemur setiap pukul 10 pagi selama 10 menit hingga 15 menit. Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang memiliki efek imunomodulator yang dapat memperbaiki sistem imun tubuh.      

Hindari Stres

Hindari stres karena stres bisa membuat sistem imun tubuh menjadi tidak baik, sehingga dapat mudah terserang penyakit. Untuk itu kelola tingkat stres Anda dengan baik dengan cara mencari hiburan di dalam rumah seperti nonton tv, baca buku, bermain game ataupun ibadah yang khusuk.    

Tidur yang Cukup 

Tidur yang cukup menjadi salah satu kunci menjaga imun tubuh, memang selama bulan puasa waktu tidur menjadi tidak teratur karena harus sahur, namun sebisa mungkin aturlah waktu tidur Anda minimal 7-8 jam untuk orang dewasa. Kurang tidur akan membuat imunitas tubuh menjadi berkurang dan membuat lemas tubuh. 

Perbanyak Minum Air Putih 

Air putih dapat menjaga sistem imun tubuh, untuk itu perbanyak minum air putih di saat sahur atau buka puasa. Air putih memiliki banyak manfaat seperti dapat menjaga asupan cairan dalam tubuh, mengendalikan kalori, menyehatkan kulit dan menjaga fungsi usus. Sebisa mungkin Anda dapat minum air putih 8 gelas per hari. 

Konsumsi Suplemen 

Mengkonsumsi suplemen bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Suplemen memiliki kandungan yang cukup baik seperti vitamin C , vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin E yang dapat meningkatkan sistem imun dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri.