Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO TIPS

6 Tips Efektif dan Produktif Saat ‘Work From Home’

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, jumlah terbaru kasus virus Corona (COVID-19) hingga 23 Maret 2020, pukul 15.45 WIB sebanyak 579 orang, 49 orang meninggal, dan 30 orang sembuh. Persentase kematian akibat COVID-19 di Indonesia sangat tinggi dengan tingkat kematian 9,3 persen, yang meningkat dari Sabtu (21/3/2020) sebesar 8,4 persen.

Melihat tingginya percepatan penyebaran virus Corona di Indonesia, imbauan untuk diam di rumah (stay at home), jaga jarak sosial (social distancing), dan bekerja dari rumah (work from home) diharapkan akan menekan jumlah korban yang terinfeksi. Akan tetapi, memulai bekerja dari rumah membutuhkan adaptasi, terutama menjaga fokus serta berbagi perhatian terhadap keluarga.

Jika Anda tidak disiplin, bekerja dari rumah aka n sangat sulit diterapkan karena harus mempertahankan profesionalme serta menjaga kesehatan fisik dan mental. Podomoro Park Bandung ingin berbagi 7 Tips Tetap Efektif dan Produktif Saat ‘Work From Home’ yang bisa Anda terapkan:

1. Konsumsi Menu Sehat dan Olah Raga Sebelum Bekerja

Bekerja dari rumah bukan alasan untuk tidak mempersiapkan diri, yaitu membersihkan diri serta mengonsumsi menu sehat dan vitamin untuk menjaga imunitas tubuh. Keterbatasan ruang di rumah juga tak boleh membuat Anda malas bergerak. Biasakanlah melakukan olah raga ringan, seperti senam dan freeletics agar tubuh prima dan semangat memulai pekerjaan.

2. Bekerja Normal Seolah Berada di Kantor

Kendati Anda menentukan jam kerja sendiri saat bekerja dari rumah, biasakan mematuhi jadwal kerja secara konsisten. Bekerjalah seperti jam kerja kantor dengan menyiapkan ruang khusus, jika memungkinkan. Pilihlah tempat yang nyaman, terang, dan hindari bekerja di area santai atau kamar tidur agar tak mengurangi konsentrasi Anda bekerja. Jangan remehkan hal ini, karena tempat berpengaruh ke produktivitas kerja Anda.

3. Membuat Jadwal dan Daftar Pekerjaan

Dengan bekerja dari rumah, ritme kerja pasti berubah karena akan ada banyak godaan dan gangguan. Untuk meminimalkan risiko tersebut, buatlah agenda kerja harian dan to do list untuk mengingatkan akan timeline yang harus dipenuhi. Apabila semua tugas selesai sesuai deadline, lakukanlah evaluasi harian dan membuat proyeksi pekerjaan untuk esok hari. Koordinasikan setiap agenda pekerjaan dengan rekan kerja melalui teleconference atau video conference untuk saling mengingatkan target dan prioritas pekerjaan.

4. Jaga Komunikasi dan Konektivitas

Di era digital seperti sekarang, komunikasi bukan lagi kendala meski bekerja dari rumah. Anda bisa memanfaatkan beragam aplikasi komunikasi untuk berkoordinasi dengan rekan kerja atau bawahan/atasan. Oleh karena itu, pastikan koneksi internet di rumah cepat dan stabil sehingga memperlancar. Jika perlu, siapkan modem atau mifi sendiri untuk berjaga-jaga.

5. Rehat Sejenak

Tujuan dari imbauan bekerja dari rumah agar pekerja bisa menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit virus Corona. Oleh karena itu, jangan sampai bekerja dari rumah justru memforsir tenaga dan pikiran Anda, bahkan membuat stres. Atur ritme kerja dengan rehat sejenak setiap beberapa jam untuk minum, makan, meregangkan otot, dan berinteraksi dengan keluarga.

6. Tidur yang Cukup

Dengan menetapkan jam kerja, mengatur ritme kerja, dan menyelesaikan pekerjaan seusai deadline, akan memberikan Anda waktu luang lebih banyak untuk keluarga dan beristirahat. Manfaatkanlah waktu tidur dengan baik agar siap menuntaskan proyeksi pekerjaan esok hari.