Berita terbaru Podomoro Park Bandung  BACK TO TIPS

Tips Mencegah Virus Corona Masuk ke Dalam Rumah

Dalam beberapa bulan belakangan ini, fenomena virus Corona (COVID19) menjadi sorotan masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia karena bahayanya yang sangat mengancam kehidupan manusia. Virus Corona (COVID-19) sendiri ditularkan dengan hubungan kontak berbagai macam medium. Ironisnya, hingga saat ini belum ditemukan obat khusus untuk menyembuhkan penderita virus Corona. 

Pencegahan virus Corona pada dasarnya memang harus diaplikasikan oleh setiap orang. Untuk meminimalkan penyebaran virus tersebut, tidak ada salahnya dengan mengimplementasikan langkah-langkah pencegahan di tempat tinggal Anda. 

Berikut adalah beberapa tips pencegahan yang dapat diimplementasikan:

Bersihkan Tempat Tinggal Secara Maksimal

Membersihkan atau menjaga kebersihan rumah memang merupakan kewajiban bagi setiap pemiliknya dan sudah pasti rutin dilakukan. Standarnya, pembersihan rumah dilakukan dengan menyapu, mengepel, atau mengelap bagian-bagian tertentu.

Namun, Anda perlu melakukan pembersihan secara menyeluruh setiap sudut dan ruang pada tempat tinggal. Maksimalkan aktivitas pembersihan dengan cara pembersihan debu menggunakan metode vakum (vacuum cleaner) atau menggunakan karbol yang mengandung antiseptik untuk mengepel lantai guna mereduksi pertumbuhan bakteri dan virus.

Atur Pencahayaan Alami ke Dalam Rumah

Apa pun virusnya tak terkecuali Corona, dapat diredam penyebarannya di dalam hunian jika hunian tersebut disinari oleh cahaya matahari. Oleh karena itu, mengatur pencahayaan matahari dengan maksimal ke dalam ruangan dapat menjadi salah satu langkah terbaik, seperti pencahayaan yang diadopsi oleh rumah-rumah di kawasan hunian resort Podomoro Park Bandung. Setiap hunian resort di Podomoro Park memiliki lebih banyak bukaan ventilasi agar cahaya dan udara bisa masuk lebih banyak sehingga pencahayaan ruangan lebih terang dan sirkulasi udara lebih bagus. Selain meningkatkan kualitas hidup, pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik pada rumah akan menyehatkan dan membuat kehangatan keluarga semakin sempurna.

Semprot Desinfektan

Jika melihat penanganan beberapa orang yang berasal dari wilayah terjangkit Corona, pihak-pihak yang melakukan penanganan selalu menyemprotkan sejumlah desinfektan ke tubuh mereka dengan tujuan menghilangkan intensitas bakteri dan virus.

Tidak hanya terhadap tubuh manusia, sebenarnya desinfektan juga dapat membantu mengurangi kadar bakteri dan virus pada benda-benda mati seperti tempat tinggal. Memang, pengaplikasian metode ini memerlukan biaya yang tidak murah karena material kimia pembuat ramuan desinfektan tersebut memiliki harga yang cukup tinggi.

Namun, jangan menyerah dulu karena tidak murah, Anda dapat mengganti bahan-bahan kimia tersebut dengan beberapa ramuan yang terbuat dari cuka, alkohol gosok (rubbing alcohol), dan minyak atsiri.

Tempatkan Sejumlah ‘Hand Sanitizer’

Untuk memaksimalkan pencegahan, ada baiknya Anda menempatkan sejumlah hand sanitizer pada ruang-ruang rumah seperti kamar mandi atau dapur.

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa virus Corona akan menular jika pihak pembawa dan penerima virus melakukan kontak fisik meskipun tergolong sederhana seperti bersalaman. 

Pasti banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa guna dari hand sanitizer yang belakangan diburu masyarakat semenjak virus Corona mewabah. Dari cairan yang berada dalam botol kecil ini, Anda dapat setidaknya mereduksi terjangkitnya Virus Corona dengan mematikan beragam bakteri yang terdapat pada tangan Anda. 

Namun, karena stok hand sanitizer semakin langka dan sulit didapatkan, Anda pun dapat meraciknya sendiri dengan mencampurkan alkohol 70% dan aloe vera gel.